Selasa, 03 November 2020

Mengedit dan mengelola Tabel pada MS. Word

 

Cara Membuat Tabel di Word

Berbeda dengan cara membuat tabel di Microsoft Excel, aplikasi Word menyediakan fitur yang tergolong terbatas. Meski begitu, cukup powerfull untuk pembuatan tabel sebagai informasi pendukung pada tulisan.

Nah, berikut kami uraikan langkah-langkah pembuatannya:

Cara Menambahkan Tabel Kosong di Word

Cara Menambahkan Tabel Kosong di Word

Cara membuat tabel di Word 2010, dan versi lain,  kamu harus membuat tabel kosong terlebih dahulu. Untuk menambahnya, silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

  • Silahkan kamu tempatkan kursor teks di dalam lembar kerja yang akan ditambahkan tabel.
  • Pilih tab insert pada bagian atas, tepatnya dekat dengan tab Home.
  • Silahkan pilih menu Table.
  • Setelah di klik menu Table, maka akan tampil menu drop-down. Isi menu berupa kotak-kotak. Silahkan
Kamu seret dengan kursor mouse sesuai dengan baris yang kamu inginkan. Sesuaikan juga jumlah kotak jingga sesuai jumlah yang kamu butuhkan.
  • Jika kolom atau kotak sudah sesuai dengan kebutuhan, silahkan lepaskan jarimu. Setelah itu, tabel pun sudah siap digunakan.
  • Untuk mengisi teks di dalam kolom, silahkan kamu tempatkan kursor ke dalam tabel. Kemudian, silahkan mulai menulis.
  • Jika ingin berpindah ke kotak lain untuk menulis, silahkan gunakan tombol Tab. Atau, bisa juga menggunakan tombol panah yang ada pada keyboard.

Cara Mengubah Teks Menjadi Tabel

Cara Mengubah Teks Menjadi Tabel

Kamu juga bisa menambah tabel pada teks yang sudah ada. Cara menambah tabel di Word inipun tergolong mudah. Jika tulisan sudah siap untuk dibuatkan tabel, silahkan kamu ikuti langkah-langkah berikut:

  • Pilih semua teks yang akan kamu ubah menjadi tabel.
  • Silahkan klik menu “Table” yang ada pada tab Insert.
  • Setelah kamu klik Table, maka akan muncul menu drop-down. Kali ini, arahkan mouse ke bagian bawah, kemudian pilih “Convert Text to Table”.
  • Setelah itu akan muncul jendela baru berupa kotak dialog. Silahkan kamu pilih opsi “Separate text at”.

Fungsi opsi di dalam jendela baru ini, yaitu untuk melakukan pengaturan Word yang akan dimasukkan ke dalam setiap kolom tabel yang dibuat berdasar teks.

  • Selanjutnya kamu tinggal klik OK saja. Lalu, teks yang tadi dipilih, akan tersaji langsung di dalam tabel.

Cara Menambahkan Tabel atau Kolom

Pada Word 2016, kamu bisa menambah kolom dengan mengklik tanda plus di sisi kiri atau kanan. Dengan mengkliknya, maka tabel pun akan secara otomatis ditambahkan.

Menambahkan tabel bisa juga dengan cara mengklik tombol kanan pada tabel yang sudah dibuat. Setelah itu, silahkan pilih Insert>Insert Rows Below.

Cara Menghapus Kolom

Untuk menghapus kolom, silahkan kamu tempatkan kursor pada kolom yang akan dihapus. Lalu klik kanan, kemudian klik “Delete Cell”. Setelah di klik, akan muncul jendela baru. Centang “Delete entire row”, lalu klik OK.

Cara Menerapkan Desain

Untuk menerapkan gaya pada tabel, silahkan klik tab “Design” pada ribbon “Table Tools”. Pada bagian “Table Styles”, klik drop-down “More”. Silahkan lengkapi gaya-gaya yang tersedia sesuai dengan keinginan.

Mengatur Border

Border adalah garis pembatas pada tabel yang dibuat. Fungsinya untuk menegaskan antara konten yang ada pada kotak tabel. Nah, kita juga bisa mengatur border yang dibuat.

Untuk mengaturnya, silahkan kamu pilih beberapa kotak pada tabel. Pilih tab “Design”, kemudian, pada bagian “Borders”, silahkan sesuaikan Pen Color, Line Weight, dan Line Style. Atur sesuai kebutuhan.

Kamu juga bisa mengatur jenis border pada tab “Design”, kemudian “Borders”. Pada menu drop-down, silahkan pilih jenis border sesuai kebutuhan.

Cara Memodifikasi Tabel Menggunakan Tab Layout

Setiap kali kamu memilih tabel, akan selalu muncul tab Layout. Letak tab layout ini, ada pada pada ribbon “Table Tools”. Ada beberapa tata letak yang bisa kamu pilih sebagai berikut:

  • Change Cell Size: Untuk mengatur tinggi baris atau lebar kolom pada tabel.
  • Align Cell Text: Berfungsi untuk mengubah perataan teks yang ada di dalam tabel.
  • Merge dan Split Cells: Fungsinya yaitu untuk menggabungkan beberapa kotak tabel yang jaraknya berdekatan.
  • Rows and Columns: Untuk menghapus atau memasukkan baris dan kolom tabel.
  • Change Text Direction: Untuk mengubah arah teks dari horizontal ke vertikal.
  • Distribute Rows/Columns: Untuk menata tabel agar rapi dan terorganisir.

 ---------->>> Soal latihan <<<----------
Lokasi: Ngunut, Kec. Babadan, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, Indonesia

0 komentar:

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html

Posting Komentar

MI Muhammadiyah 3 Ngunut @2019. Diberdayakan oleh Blogger.

LATEST POSTS